Rabu, 18 November 2009

Tertoreh Dalam Bait Ukhuwah


Tarik Al Ukhuwah Al Islamiyah (Jalan Ukhuwah Islamiyah)

Bismillahi wal hamdulillahi…


Coretan Harianku, Lambang Ukhuwah Al-Kawiy…Hee nyadur dari mana mas nama al-kawiy? Ga salah ngetik tuh, apa mau ikut-ikutan pembuat buku yah…yang di sampul dpan buku’y biasa tertulis nama  pembuat beserta penyandaran tempat dia tinggal, contoh’y Muhammad Nashirudin Al-Albani, Imam Hasan Al-Banna, Syeikh Nawawi Al Bantani dll.Ya kan mirip.…..Boleh boleh qo, ga ada yang nglarang,!! Huuh tapi harus ada penjelasan mengenai Filosofi dasar sbgai tmpat  penyandaranya tuh, ga boleh juga sembarangan ngalor ngidul (Bahasa apa tuh)!!? (Mungkin bahasa bahasi)Heheheh…!! Sippp deh. Do’ain ya kawan-kawan mudah-mudahan nama di atas bisa seperti yang udah pada buat coretan atas buah karya kekayaan pemikiran mereka yang pasti’y juga terlahir dari kandungan sang Illahi Robbi.Aaminn…

Alhamdulillahi hamdan katsiron thoyyibam mubarokam fiih…
Ya Robb sesungguhnya segala puji untukmu yaa Robb, Engkau telah memberikan, mengaruniakan, dan menganugerahkan diri ini untuk memeluk dan memegang teguh Islam, tiadalah diriMu memberikan Islam untukku menjadi curahan nafas dan amal hidupku, karena ku tau betapa Engkau sayang kepadaku.

Yaa Allah pada hari Rabu, 14 oktober 2009 hamba telah Engkau titipkan amanah untuk mengisi mentoring mahasiswa baru perihal pendidikan agama islam mungkin dalam waktu satu semester atau mungkin lebih, dan sebelum inipun Alhamdulillah ana sudah pernah mengisi mentoring, tetapi yang menjadi perbedaannya, adalah materi yang akan di sampaikan untuk mahasiswa baru sudah terstruktur dan di tetapkan oleh beberapa dosen PAI (Pendidikan Agama Islam), ini dia karena anapun sudah mempunyai beberapa materi terstruktur, walaupun  kapasitas materi dan penyampaiannya masih terlihat kurang’y percikan semangat hayalan pemuda, mudah2an hal ini mnjadi bahan evaluasi shingga esok akan muncul kata-kata yang berbunyi atas dasar keimanan dan kecintaan kepada   Allah Robbul izzati..
Yaa Allah aku Mencintaimu yaa  Robb, tambahilah hambaMu ini Ilmu Agama dan Pahamkanlah.Aamiin.

Dimulai dengan mukaddimah/pembukaan memuja muji Allah,Rasul, Para Shahabat, Tabi’in tabiut tabi’in, dan Orang-orang sesudahnya yang ihsan. Dengan di teruskan membaca ayat alqur’an dan nukilan Hadist yang ana sampaikan, subhanaalloh , ketika itu ana teringat para ustadz yang setiap memulai ta’lim mereka selalu membukanya dengan fasih arabnya dan elok ukiran kalimat kata-kata yang keluar dari lisannya. Sontak ana rasa, anapun terasa seperti ustadz yang ana ingat ketika itu, dari dimulai mukaddimah awal dan  sampai akhir dari mukaddimahnya. Mungkin itu di karenakan betapa sering intensitas ana mendengar kaset atau Cd ceramah yang di pinjamkan oleh teman Salafi kepada ana, dan di bolehkan olehnya untuk mencopy seluruh isi ceramah, Syukron yaa akhi, betapa antum sudah membantu jalan bagi ana untuk lebih mengenal warna-warni Islam yang semakin indah jika di jalani dengan Hati yang waro, Fikir yang objektif dan tawajoh padaNya.

 Moga teman-teman yang telah membantu ana dalam mengenalkan Islam dengan caranya yang berbeda-beda tetapi semuanya bermuara pada satu pengertian yaitu, Merangkai Ukhuwah.

Ngomong-ngomong Ukhuwah itu sendiri itu apa ya akh??? Hemm, menurut ceramah yang ana dengar, kajian yang ana ikuti, buku yang ana beli dan di baca, sms dari kawan-kawan yang bersimpati,obrolan dengan abang sepupu yang kebetulan ngaji ch0lic juga dan semuanya itu berbuah kapada kefahaman ana tentang makna yang tersembunyi dan terlihat dari berlakunya Ukhuwah. Yaa Ukhuwah yang artinya persaudaraan, namun jika hanya persaudaraan aja ga cukup untuk memayungi kebersahajaan kita dalam bersosial, harus ada tanbahan yang mengikat, yang melahirkan kebersahajaan yang tinggi dan haqiqi. Dan tambahan itu adalah Ukhuwah Islamiyah. Karena jalinan Ukhuwah ini berjalan karena di landasi dengan keimanan para muslim yang berada dalam ikatannya. Allah pu berkata dalam buku best seller nomor Wahid di muka Bumi:  

 Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.(Q.S. 49:10).

Tuh kan Allah aja menyuruh kita untuk berukhuwah, dalam arti merajut Ukhuwah dengan siapapun yang telah mengucapkkan Syahadat Tauhid dan berIstiqomah dalam KeIltizaman dengan Dienulloh. Jika di jelazkan tentang betapa Ukhuwah itu sangat pennnnting, mungkin coretan kali ini bukan merupakan penjelasan Ukhuwah yang lengkap, InsyaAllah lain waktu kita sambung tentang Ukhuwah Islamiyah.

Sumber: Lambang Ukhuwah Al Kawiy(Hamba Allah)
Hak hanya milik dan Punya Allah, Robb yg mengaruniakan segalanya, jika Ia menghendaki utk terjadi….maka terjadilah kehendakNya.